, , , , , , ,

Wisata tak Terlupakan di Pekanbaru

Indonesia merupakan nusantara yang kaya akan berbagai macam suku dan adat, salah satu diantaranya adalah suku Melayu. Jika berbicara tentang Melayu maka Anda pasti akan ingat Kota Pekanbaru – yang terpilih menjadi ibu kota dari Riau. Namun untuk para pelancong yang hendak berkeliling nusantara pastikan untuk mampir ke kota ini, karena di kota ini lah Anda bisa menemukan kota dengan berbagai macam obyek wisata menarik. Yuk intip beberapa diantaranya.

Museum Sang Nila Utama
Bagi Anda yang ingin melihat kembali kejadian masa lalu melalui benda-benda bersejarah di museum pastikan Museum Sang Nila Utama menjadi tempat utama yang Anda tuju. Museum ini menyimpan banyak benda yang kaya akan sejarah dikarenakan dahulunya kota ini pernah menjadi pusat kebudayaan dan pernah berada di puncak kejayaan kerajaan yang ada di Indonesia.

Di museum ini menyajikan 3000 lebih koleksi benda-benda bersejarah yang tentu saja di klasifikan masing-masing hingga berjumlah 10 di setiap etelase kaca. Ruang Pameran museum ini luasnya sekitar 1.123 meter persegi yang dibentuk sesuai dengan arsitektur tradisional riau yang terdiri dari dua lantai.

Jika Anda ingin mendatangi lokasi ini alamatnya yaitu berada di jalan jenderal sudirman 194 dan Musium ini buka setiap hari namun dengan waktu yang relatif berbeda. Selasa hingga kamis dibuka pukul 08.00-15.00 sementara hari jumat hanya di buka sampai pukul 11.00 dan sabtu-minggu dibuka hingga jam 13.00. Musium ini hanya mengambil hari libur pada hari senin, jadi pastikan kalender Anda sebelum mengunjungi museum ini! (Sumber: kelilingriau.blogspot.com)

Masjid Agung An-Nur
Mungkin, impian bagi para wisatawan selain berkeliling nusantara tentu juga ingin merasakan liburan keluar negeri, bukan? tidak perlu jauh-jauh karena di Pekanbaru Anda bisa melihat Taj Mahal yang berada di India dengan versi indonesia yang berada di kota ini. Mesjid megah ini terdiri dari 2 lantai yang memiliki fungsi masing-masing. Bangunan arsitekturnya yang indah serta teduh dapat memberikan suasana betah berlama-lama bagi siapapun yang beribadah disini.

Mesjid ini berlokasi di jalan Syekh Burhanuddin. Lantai atas masjib ini di pergunakan untuk ibadah sementara di bagian bawah terdapat aula, ruang perpustakaan atau ruang pertemuan untuk ruangan ini biasanya bisa di pakai juga untuk acara resepsi pernikahan. Di lingkungan sekitar masjid juga terdapat banyak taman yang meremajakan mata Anda yang ingin berwisata religi kesini.
Lokasi masjid ini bersebelahan dengan gereja HKBP pekan baru namun suasana tetaplah aman dan nyaman dikarenakan penduduknya yang sama-sama memiliki toleransi tinggi. Anda tidak perlu khawatir tersedianya hotel di kawasan masjid ini sangat mudah untuk di temukan, bahkan jika Anda tidak ingin repot-repot menemukan hotel cukup Anda cari situs yang online untuk menuntaskan masalah Anda seperti traveloka misalkan. (Sumber: percutiaandipekanbaru.blogspot.com)

Perpustakaan Soeman HS
Saat jalan-jalan bukan berarti tidak mendalami ilmu pengetahuan, jika Anda menginginkan liburan sambil berwisata edukasi maka mampirlah ke perpustakaan ini yang menjadi tanda terkenal yang ada di Pekanbaru. Jika dibayangan di benak Anda pasti perpustakaan adalah tempat yang sesak akan buku dan dengan desain bangunan yang membosankan, tepis anggapan itu dan Anda harus datang ke perpustakaan ini.

Perpustakaan ini memiliki desain yang unik dan megah. Desain bangunan ini sekilas terlihat seperti alas tempat untuk membaca al-quran. Unsur melayu yang menjadi ciri khas kota ini pun tak luput di karenakan pilar-pilarnya yang menjulang tinggi merupakan konsep dari rumah adat melayu.

Perpustakaan ini buka setiap hari, Senin – Jumat mulai jam 8.00 -16.00 WIB sementara sabtu dan minggu mulai jam 09.00 – 14.00 WIB saja, jika kalian ingin dimanjakan dengan membaca buku sambil menikmati arsitektur bangunan yang megah, alamat perpustakaan ini berada di Jalan Cut Nyak Dien di Kota Pekanbaru. (Sumber: beritaperpustakaan.wordpress.com)

Sky Garden Lounge and Resto
Bicara tentang wisata pasti juga harus ada kuliner yang dicicipi salah satu pilihan paling tepat untuk mengisi perut sambil menikmati pemandangan kota pekanbaru adalah Sky Garden Lounge and Resto yang ada di jalan Ahmad Yani. Sambil menikmati hidangan yang kalian pesan tentu saja kalian juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian 40 meter yang meremajakan mata sekaligus perut Anda.  (Sumber: asiknyaberbagipku.blogspot.com)

Kampung Tionghoa Melayu
Jika Anda yang ingin menghabiskan liburan tahun baru china atau imlek pastikan datang kemari saat perayaannya. Desa yang di dominasi oleh 2 ras yaitu Tionghoa dan Melayu ini merayakannya secara besar-besaran. Langit pekanbaru akan dihiasi letupan kembang api bewarna-warni yang memeriahkan suasana serta pertunjukan barongsai dan hiasan lampion menambah sensasi keindahan malam tahun barunya dan menjadi poin tambahan tersendiri bagi daya tarik wisatawan yang tentu saja tidak boleh dilewatkan.  (Sumber: meiytyintan.blogspot.com)

Gimana, tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di atas?

Tak perlu khawatir, buat Anda yang dari luar kota Pekanbaru, ada banyak hotel yang tersedia di sini tempat Anda menginap. Kamu bisa lihat di sini, dari situs pemesanan hotel traveloka.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *