, ,

Kesempurnaan Bawah Laut Ciptaan Tuhan Hadir di Menjangan, Bali

Menjangan, Bali Barat salah satu destinasi yang mungkin belum banyak orang (terutama WNI) tahu keindahannya. Siapa yang gak tau Bali?? Terkenal. Tapi siapa yang tau Menjangan?? Mungkin gak banyak.


Terletak sekira 10 km di lepas pantai Barat Laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kata ‘menjangan’ dalam bahasa Jawa berarti ‘kijang’. Penamaaan pulau cantik ini didasarkan pada keberadaan kawanan rusa liar yang berenang ke pulau itu menempuh jarak sejauh 1,2 mil setiap musim semi.

Perjalanan menuju Menjangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Aku dan teman – teman berangkat dari Mama Guest Hotel sekitar jam 2.30. Karena emang terlalu bersemangat, kita kecepetan sampai ke lokasi sunrise (Fyi, sunrise di Bali itu sekitar jam 6 pagi T_T) Akhirnya karena kita tiba di lokasi sunrise terlalu cepat maka diputuskan melanjutkan perjalanan ke lokasi Menjangan. Hahahahha.

Seberjalanan waktu, saat aku ketiduran terasa ada sinar matahari yang masuk ke sela – sela mataku. Oh God! So Damn Beautiful.. Aku melihat pemandangan sunrise yang indahnya pakai banget. Tepatnya, di daerah Sisingaraja, Bali.

11130222_10205234094186404_4539866415378020333_n

Indah yah, gak pake lama aku dan teman – teman pun asik berfoto ria dengan pemandangan yang menakjubkan ini 😀

11149355_10205403983593533_9120821398560405545_n

cakep ya.. kaya Straw Hat Pirates Crews :p

Ada sekitar 1 jam kita foto – foto, langsung lanjut ke lokasi buat ketemu dengan Bli Dika. Fyi lagi nih, Bli Dika sangat direkomendasikan buat jadi guide selama di Menjangan 😀 Kita nyampe di lokasi sekitar jam 7 pagi, sarapan lanjut siap – siap buat snorkeling  dan freediving. Ada 3 spot yang kita datangi : Coral Garden, Pos 2, dan Temple Point.

Perjalanan ke Pulau Menjangan menghabiskan waktu sekitar 30 – 40 menit. Gak pake lama. Dan kerennya nihh! Sewaktu ke Pulau Menjangan kita ketemu sama penyu yang lagi KAWIN bro! Jir, gak pake lama.. langsung ngeluarin kamera.. kang kapal mulai pelan-pelan mendekat dan berhenti di dekat penyu tersebut. Kamera dikeluarkan, pelan – pelan dimasukkan ke laut dan Click! Jepret!

Penyu Kawin, Bro!

Penyu Kawin, Bro!


Menjangan jadi salah 1 wall diving terbaik di Bali karena memiliki taman bawah laut yang sangat cerah dan penuh warna sekaligus kaya biota laut. Dikelilingi terumbu karang yang ditandai dengan drop off  sedalam 60 meter dan formasi batuan yang kompleks. Formasi batuan tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.

Di gua-gua kecil, kakap kecil dan batfish banyak terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan barrel sponges dan sea fans yang bahkan dapat mencapai ukuran yang sangat besar.  Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, bahkan hiu.

Bagi penduduk asli Bali, Pulau Menjangan identik dengan pura. Di pulau tersebut ada sekitar 8 pura,  antara lain Pura Taman atau Beiji, Pura Kebo Iwo, Pura Gajah Mada, Pura Dewi Kwan Im, Pura Ganesha, Pura Piningit Klenting Sari dan Pura Segara Giri Dharma Kencana.

Dalam kesempatan ini, aku dan teman – teman mencoba mengunjungi Pura Ganesha. And lucky us, kita ketemu dengan Menjangan disana. Ada 2 Menjangan yang sedang duduk santai di bawah pepohonan ^_^.

So.. Check it out yah foto – fotonya..

Menjangan

Peta Pulau Menjangan

4

We called it, Ummm.. Freediver?? 😛

Sayangnya, kita cuma bisa snorkelingan / main air ke bawah lautan hanya sampai jam 13.00 siang hari. Setelah itu arus mulai sedikit lebih kencang dan kita harus naik ke kapal untuk kembali ke daratan. Well… 1 hari di Menjangan itu gak cukup buat aku dan teman – teman.. Paling gak 2 hari lah buat keliling main air di Menjangan. 😀

Aku akan kembali lagi ke Menjangan, suatu hari nanti ..

🙂 🙂 🙂

Additional Info Budget :
– Kapal 525ribu
– Guide 150ribu
– Asuransi 4ribu/orang
– Tiket Masuk 25ribu/orang
– Alat snorkel 40ribu/orang
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *