, , , ,

Geblek & Lompong Kuliner Khas Purworejo Yang Bikin Salah Kaprah

“Pak, ini nama makanannya apa??,” tanya temanku pada penduduk saat kami mengunjunginya.

“Geblek mas..mbak,” jawabnya.

“Apa ? Geblek?,” tanyaku.

 

Aneh memang saat aku mendengar nama makanan ini. Awalnya aku sempat salah menafsirkan menjadi konotasi yang negatif yang memiliki arti “bodoh”. Namun ternyata pengucapannya berbeda. “Geblek” dibaca sepergi “Gelora” bukan “Gepeng”. Unik bukan??  Indonesia memang memiliki banyak sekali kuliner khas di setiap daerahnya. Seperti di daerah Purworejo. Makanan khas ini baru sekali aku temui saat aku mengunjungi Curug Benowo, Purworejo dalam rangka FamTrip yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

 

Geblek ini sendiri merupakan sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil, mirip seperti gelang atau dapat pula dibentuk seperti setengah angka 8. Makanan ini terbuat dari tepung singkong. Awalnya aku mencoba, rasanya gurih, asin – asin dan agak alot. Sedikit banyak agak mirip dengan Klanthing.

 

Kalau Klanthing digoreng sampai kering maka Geblek ini tidak digoreng hingga kering. Geblek ini cocok banget kalau disantap saat panas / hangat.  Ohiya, menurutku Geblek ini cocok banget kalau dicocol sama saus sambal atau sambal kacang plus kopi panas.. Yummiieeee >,<.

**

Ada satu lagi makanan khas dari daerah Purworejo ini. Namanya Kue Lompong. Kalau Kue Lompong ini sejenis kue basah dan agak manis. Uniknya, kue ini dibalut dengan daun pisang. Menurut penduduk disana, warna hitam pada kue lompong ini berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue. Jadi saat digigit ada rasa – rasa kriuk – kriuk yang aneh seperti ada bulirnya tapi ENAK PAKE BANGET! :D.

 

Makanan kering seperti Geblek ditambah Kue Lompong akan semakin sempurna kalau ada kopi hitam khas Purworejo ini. Yups! Biji kopi yang memang ditanam disini kemudian diolah sedemikian rupa lalu diseduh dengan air panas yang baru matang membuat semuanya menjadi sempurna.


Sekarang, kamu bayangkan saja.. Saya ini lagi berada di salah 1 curug yang tersembunyi di Purworejo. Disajikan Geblek dan Kue Lompong dan juga disediakan kopi hitam panas. Sambil menikmati suara gemercik air terjun yang turun dari atas, saya menikmati suasana syahdu meninggalkan hiruk pikuk ibukota. PERFECTO~ 

Kurang bahagia apa saya ?? 😀

18 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Utami Nandawati – Geblek dan Lompong Kuliner khas Purworejo yang Bikin Salah Kaprah […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *